Jangan Bermain Api Jika Tidak Mau Terkena Api! tapi kalau yang satu ini boleh juga di coba. BOLES (Bola Leungeun Seuneu).

“Jangan Bermain Api Jika Tidak Mau Terkena Api” begitulah pepatah mengatakan yang artinya setiap apa yang kita lakukan akan berdampak balik kepada diri kita sendiri, Namun saya tidak akan mengulas lebih dalam pribahasa tersebut, kali ini saya akan membahas seputar api..? ya ini dia permainan Bola Api yang di bilang dengan sebutan Bola Leungeun Seuneu (BOLES), dimainkan oleh anak anak dari perguruan Silat Maung Bodas di Ponpes Dzikir Alfath Kec.Gunung Puyuh Kota Sukabumi. Sabtu 27 Januari 2018

Kesenian tradisional Boles atau permainan Bola Leungeun Seuneu (Bola Tangan Api) saat ini menjadi ikon kota Sukabumi, Jawa Barat. Permainan yang berasal dari abad ke 13 dan 14 zaman Kejaraan Pajajaran yang ada dalam Kitab Suwasit museum sejarah Sunda Prabu Siliwangi ini, mulai diminati bangsa-bangsa lain untuk menggali dan mempelajarinya.

Bermain Boles Perguruan Silat Maung Bodas Sukabumi (Foto : Agus Rustiawandi)

Tidak seperti cabang olah raga yang menggunakan bola pada umumnya, seperti  bola voly, basket atau sepak bola. Permainan boles ini menggunakan bola yang terbuat dari batok kelapa yang masih terbungkus serabut. Tidak hanya itu, saat dimainkan batok tersebut harus dalam kondisi terbakar.
BOLES. Bola Leungeun Seuneu  (Foto : Agusrustiawandi)
Maen Boles tutur Fajar yang juga sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Dzikir Al-Fath, saat ini menjadi permainan yang di pertandingkan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Sukabumi sehingga menjadi ikon dan produk seni, olahraga, beladiri silat, budaya dan olahraga tradisional yang lahir dan dikembangkan asli di Kota Sukabumi. “Permainan Boles juga kami gabungkan dengan permainan Cambuk Api dan ngagotong lisung pajajaran sebagai pemanasan sebelum di mulainya pertandingan Boles.
Masih di tempat yang sama, Walikota Sukabumi M. Muraz sangat antusias sekaligus mensuport seni dan budaya tradisional agar terus berkembang khususnya di Kota Sukabumi, sekaligus menjadi Ikon Lokal Seni Budaya Kota Sukabumi, serta menjadi olahraga tradisional warga masyarakat Kota Sukabumi, yang senantiasa memegang teguh terhadap seni dan budaya lokal.
Salam Perguruan dari Silat Maung Bodas Sukabumi (Foto : Agus Rustiawandi )
“Selain itu, permainan Boles ini merupakan permainan kuno pada jaman kerajaan Pajajaran yang dikembangkan oleh Pontren Dzikir AL-Fath Kota Sukabumi. Saya bangga permainanan Boles yang kembali di rilis oleh Budayawan Sunda asal Kota Sukabumi mampu mengangkat dan menciptakan Ikon lokal Kota Sukabumi yang menarik,” Jelasnya.
Bermain Boles Perguruan Silat Maung Bodas Sukabumi (Foto : Agus Rustiawandi)
.
.
.
Nah Sekian dulu penulis sampaikan tentang permainan tradisional Bola Leungeun Seuneu (Boles), Mudah mudahan bermanfaat dan memberikan pengetahuan bagi para pembaca..,
., Bye…. Hatur Nuhun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: