Dua Penghargaan Bergengsi untuk Kota Sukabumi di Hari Pahlawan Nasional 2017

Setelah tadi pagi mendapatkan penghargaan tertinggi dari Presiden RI berupa Anugerah tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha yang disematkan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, pada rangkaikan kegiatan Upacara Peringatan Hari Palawan Nasional pada Tanggal 10 Nopember 2017 Pukul 08.00 WIB bertempat di Kantor Kemendagri,Jakarta.

Foto: Walikota Sukabumi pada saat menerima penghargaan anugerah tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha 

Penghargaan Satya Lencana Bakti Praja Nugraha merupakan penghargaan tertinggi dari Presiden dalam hal pengelolaan manajemen pemerintahan. Penghargaan ini didasarkan atas penilaian Kinerja Terbaik  se-Indonesia hasil evaluasi terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) terhadap Laporan Pertanggungjawaban Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2015 yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri dan dibantu oleh sejumlah lembaga seperti BPKP.

Walikota Sukabumi Foto Bersama Asisten Pemerintahan deserta Jajarannya dan Plt. Kabag Humas dan protokol  (Foto: Agus Rustiawandi/Humas Protokol Kota Sukabumi)


Walikota Sukabumi menyampaikan Syukur Alhamdulillah Pemkot Sukabumi kembali mendapatkan apresiasi tinggi dari pemerintahan pusat seiring dengan peningkatan kinerja pemerintahan daerah yang terus dipacu. “ini semua atas kerja keras segenap tim birokrasi Kota Sukabumi sehingga mendapatkan penilaian terbaik dari pusat,” ungkapnya
Walikota menambahkan penghargaan ini diraih berdasarkan penilaian di tahun 2016 atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2015. Hasil itu merupakan laporan wajib hasil kinerja pemerintah daerah kepada pemerintah pusat. “Setiap tahun, pusat melakukan evaluasi, dan hasilnya jadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja kami sendiri,”
LPPD ini, merupakan instrumen bagi pusat untuk menilai keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah di semua wilayah baik provinsi, kabupaten ataupun kota. Ujarnya.
Walikota sukabumi menyatakan ada 12 orang walikota/bupati yang menerima penghargaan tersebut indikatornya antara lain Konsisten Walikota terhadap janji politik / Janji kampanyenya mencapai minimal 80% terealisasi di wilayahnya masing masing, sehingga di anggap mampu membangun dan memberikan kesejahteraan bagi daerahnya tersebut, Harapan saya diterimanya penghargaan ini sebagai langkah awal bagi kota sukabumi agar generasi penerus bisa memperoleh penghargaan seperti ini, sebagai bukti pengabdian untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat di Kota Sukabumi, karena setau saya ini baru pertama kali walikota sukabumi mendapatkan penghargaan Satya Lencana Bakti Praja Nugraha. Ungkapnya.

Foto Bersama Mentri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo beserta Penerima Penghargaan (Foto: Agus Rustiawandi/Humas Protokol Kota Sukabumi)

masih di hari yang sama dengan lokasi yang berbeda Walikota Sukabumi M.Muraz akan menerima Anugerah Pandu Negeri tahun 2017, yang digelar oleh Indonesia Institute For Publik Govermance (IIPG) di Jakarta. Hal ini karena Walikota Sukabumi dinilai sebagai pemimpin yang inovatif dan berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosial ekonomi melalui reformasi tata kelola.

Lokasi Penerimaan Anugerah Pandu Negeri 2017 di (Foto : Agus Rustiawandi)

Anugerah Pandu Negeri 2017 merupakan anugerah yang diberikan oleh Indonesian Institute For Public Governance (IIPG).
Plt.kabag Humas dan Protokol Benny Mustari mengatakan Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik serta pemimpin yang inovatif yang telah berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tatakelola. “Rencananya Jumat, 10 November 2017 Pukul 18.30 WIB di Financial Hall, Financial Club, Graha CIMB Naga Lt.2. Jakarta,” ujarnya.
Benni menambahkan Penilaian berdasarkan kinerja 34 provinsi, 416 kabupaten dan 99 kota di Indonesia. Penilaian juga meliputi aspek tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, kinerja pengembangan manusia, kinerja
ekonomi, inovasi strategik serta pimpinan yang inovatif. Dari hasil penilaian tersebut, didapatkan nominasi 50 pemerintah daerah terbaik untuk penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) – 2017 yang salahsatunya adalah Pemerintah Kota Sukabumi.ungkapnya
Benny menyampaikan Hasil penilaian independen yang dilakukan didukung oleh 7 penilai, 6 pengarah dan 5 juri yang meliputi Prof. Dr. Djisman Simanjuntak (Anggota Dewan Ekonomi Nasional Indonesia), Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo, SH, LL.M, MA (Anggota Panitia Kerja RUU Terorisme Pemerintah-DPR), Prof. Dr. Sidharta Utama, Ph.D,CA,CFA (Profesor di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia), Chandra M Hamzah, SH (Pengacara , ahli hukum dan mantan komisioner Komisi Pemberantas Korupsi) , serta Yostinus Tomi Aryanto (Business Director of Tempo.co (PT Info Media Digital 2017), Economics editor and Head of Business Development Division, Tempo Media Group (2016 – sekarang ). Jelasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: