Famtrip Disparbud Jabar Amazing Geopark Adventure Turism ( AGAT ) 2017

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mengundang Para Blogger, Fotografer dan Wartawan untuk berpetualang bersama di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dalam kegiatan Amazing Geopark Adventure Tourism 2017 pada tanggal 14-15 Oktober 2017.
Rangkaian AGAT 2017 ini mengusung tema Our Amazing Adventure dengan mengangkat wisata minat khusus papan selancar di Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Acara AGAT2017 ini akan berpusat di pantai Cimaja yang telah tersohor hingga ke mancanegara sebagai destinasi wisata selancar karena keunikan ombak dan pantai yang dimilikinya.
Pengelolaan kegiatan dilakukan prinsip pentahelix, dimana selain keterlibatan pemerintah, akademisi, juga melibatkan dukungan masyarakat, pihak privat, bahkan dukungan yang besar dari media. Diantaranya Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Jabar juga ikut andil dalam kegiatan tersebut.
Perhelatan ini tidak terlepas dari cita-cita besar Geopark Ciletuh-Palabuhanratu untuk dapat dikukuhkan menjadi Unesco Global Geopark pada 2018 nanti, dan bersanding dengan geopark-geopark kelas dunia lainnya. ‘
Rangkaian kegiatan utama AGAT2017 adalah Cimaja Geosurf Challenge, Citepus Geosurf School, dan Ombak Tujuh Geosurf Expedition. Kegiatan pendukung AGAT 2017 diantaranya adalah Beach Clean Up Challenge, Green Wave Act, Instagram Challenge, Photo Challenge, Writing Challenge dan Kids Activities AGAT 2017. Tidak lupa kegiatan AGAT 2017 ini dimeriahkan dengan aneka penampilan kelompok kesenian tradisi dan juga modern. Para peserta dari luar daerah pun akan mengunjungi desa Sinar Resmi sebagai bagian rangkaian Geoculture Visit AGAT2017.
Kegiatan AGAT2017 diikuti oleh 14 peselancar profesional dari 14 negara, juga 14 peselancar profesional dari 14 daerah di Indonesia. Kegiatan surf school diikuti oleh peserta dari desa-desa seputar Geopark Ciletuh Palabuhanratu.
AGAT2017  dibuka secara resmi oleh Mentri Pariwisata RI Arif Yahya pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017, pk 08.00 di Pantai Cimaja.

Saya sendiri disini sebagai perwakilan Fotografer dari Generasi Pesona Indonesia Jawa barat
Berikut Foto Foto Kegiatan Selama Saya mengikuti kegiatan tersebut :
1. Pusat Informasi Geopark Citeuh Pelabuhan Ratu

Hari pertama Kita Tiba di Pelabuhan Ratu pada Pukul 05.00 WIB dan langsung mengunjungi Pusat Informasi Geopark Citeuh Pelabuhan Ratu yang merupakan pusat layanan informasi yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi. Information Centre ini berada di gedung yang terletak di Jalan Raya Cisolok Km 3 Palabuhanratu. Disini, pengunjung akan mendapatkan berbagai informasi tentang Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu serta agenda kegiatan atau kalender kegiatan yang akan di gelar di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

2. Qutub Hilal Pelabuhan Ratu atau lebih dikenal dengan Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas Palabuhanratu Sebagai Wisata Religi dan Edukasi Ilmu Falak-Astronomi

Rekonstruksi atas fungsi Pos Observasi Bulan yang saat ini berada di Cibeas Simpenan Pelabuhan Ratu Sukabumi menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan bagi masyarakat muslim untuk melihat Hilal dan  khususnya bagi mereka para pecinta ilmu falak~astronomi. kelengkapan fasilitas POB di Cibeas, akan menjadi standar minimum bagi POB di seluruh Indonesia. Sebagai aset BMN (Barang Milik Negara) Kemenag diharapkan pemanfaatan dan pemeliharaannya dapat dilakukan secara optimal.

3.  Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa (lebih dikenal dengan nama Kuil Dewi Kwan Im atau Vihara Loji, lit. Bodhisatwa Kwan Im Laut Selatan) adalah tempat ibadah Buddhisme Thailand yang jaraknya sekitar delapan kilometer dari pusat kota Sukabumi. Vihara ini terletak di Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Sukabumi,  Kota Pelabuhan Ratu.  Keunikan vihara ini adalah lokasinya yang berada di perbukitan serta langsung menghadap ke laut (Pantai Loji). Untuk sampai ke tingkatan paling atas bangunan Vihara, pengunjung harus mendaki sekitar 500 anak tangga. 

4. Jembatan Kuning Bagbagan

Menjadi bagian dari Geopark Ciletuh, sejumlah tempat yang memiliki nilai dan potensi wisata di pesisir selatan Kabupaten Sukabumi terus benahi. Salah satunya Jembatan Kuning Bagbagan, yang merupakan saksi sejarah Indonesia, karena dibangun sekitar 1800, atau masa pemerintahan Hindia Belanda. Melintasi Sungai Cimandiri, berada di Kampung Bagbagan, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, jembatan yang menghubungkan Kecamatan Palabuhanratu dengan Simpenan ini, memiliki daya tarik kuat sebagai potensi wisata

5. Pembukaan Amazing Geopark Adventure Turism ( AGAT ) 2017

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Irfan Suryanegara, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamani, dan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Hj. Ida Hernida hadir di Pantai Cimaja untuk membuka acara Amazing Geopark Adventure Tourism (AGAT 2017) dengan tema “Cimaja Geosurf Challenge, Our Amazing Adventure” yang digelar di Pantai Cimaja, Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada tanggal 14-15 Oktober 2017.

 

6. Situs TUGU GEDE, Cengkuk

Inilah salah satu peninggalan kebudayaan yang sangat bersejarah di Indonesia sekitar ratusan tahun yang lalu, Kehebatan peradaban waktu itu dibuktikan dengan adanya bukti-bukti sejarah yang menguak fakta tentang masa itu.
Di situs TUGU GEDE, cengkuk, sekitar 12 Km dari Sukawayana (kecamatan cikakak) kita bisa menemukan benda peninggalan sejarah yang diperkirakan ada pada Zaman Batu (perkiraan)

7. Citepus Geosurf Schoo

Kegiatan ini merupakan hari kedua yang kami ikuti berdasarkan agenda yang telah di tentukan oleh pihak panitia yaitu Kami diberikan pengenalan dan bimbingan sekaligus mencoba surfing di pantai citepus dengan arahan dari instruktur profesional.

8. Mengunjungi Samudera Beach Hotel Pelabuhan Ratu

Samudra Beach Hotel adalah suatu Badan Usaha Milik Negara, dibangun tahun 1962 dan selesai akhir tahun 1965, 3 bulan lebih cepat dari waktu yang telah direncanakan yang belum selesai adalah pembangunan Restaurant Terapung didepan hotel. disini kami pun di ajak ke salah satu kamar yang katanya berbau mistis yaitu kamar 308 yang sekarang berubah namanya menjadi Kamar Private. namun kita tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar/Foto dikarenakan kebijakan baru dari pengelola hotel.

9.  Kampung Adat Kasepuhan Sinaresmi

Kesepuhan Sinar Resmi terletak di Desa Sirna Resmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi yang terletak diantara perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Banten. Dengan begitu termasuk kategori daerah Adat yang di kenal dengan sebutan “Kesatuan Adat Banten Kidul Kasepuhan Sinar Resmi.

10. Geyser Cisolok (Pemandian Air panas)

Sumber air panas cisolok adalah pemandian air panas yang terletak berdekatan dengan pantai  pelabuhan ratu ( Cuma berjarak 15 kilometer ). Sesuai namanya wisata ini menawarkan air panas sebagai sajian utama. Awalnya Pemandian air panas cisolok dulunya di temukan oleh warga belanda yang tinggal di sukabumi dan menjadi tempat favorit para belanda pada jaman itu. pada kesempatan ini kami dan kebetulan bareng bersama tim dari AGAT mengikuti Kegiatan Puncak yaitu mengunjungi lokasi tersebut.

Itulah sejumlah Rangkaian Kegiatan yang kami Ikuti. banyak pengalaman Baru, ilmu baru  yang di dapat, Senang, Gembira dan Asyik yang saya rasakan, ingin sekali terus berada di kegiatan tersebut namun semuanya sudah di atur dan akhirnya kita kembali ke rumah masing masing, saya ucapkan terimakasih kepada Teman teman dari Blogger, Fotografer dan Wartawan yang telah bersam sama dalam kegiatan tersebut, semoga kita bertemu kembali di kesempatan yang lain., dan terimakasih Khususnya kepada Disparbud jawa Barat yang telah menyelenggarakan acara famtrip ini.

#Hayukajabar #jabarkahiji #Jabarngahiji #PesonaJawabarat #Pesonaindonesia

2 tanggapan untuk “Famtrip Disparbud Jabar Amazing Geopark Adventure Turism ( AGAT ) 2017

    • 25 Oktober 2017 pada 6:07 pm
      Permalink

      amin hehe #hayukajabar

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: